Laporan Perjalanan: Potret Kemiskinan Kota

Ana pernah pindahan kostan sampai 4 kali di bandung selama kuliah ini

Hampir setahun sekali pindahannya. Pertama kali datang ke Bandung nge-kost di daerah cisitu baru sama-sama dengan kakak. Lalu ke kebon bibit. Selanjutnya ke cisitu lama dan sekarang di babakan siliwangi.

Satu hal yang hampir sama ana temukan selama kost (kec.cisitu baru) yaitu kemiskinan kota.

Ya potret kemiskinan Kota Bandung tergambar jelas.

Ana tipe seseorang yang sangat suka berjalan-jalan.

Ketika di Cistu baru, ana suka jalan-jalan ke darah cisitu lama ke atas. Melewati gang-gang yang padat dengan rumah. Ketika di kebon bibit, ana berjalan-jalan di taman hewan, pelesiran, dan seluruh kebon bibit. Menyusuri jalan hingga tembus ke belakang Cihampelas Walk. Melewati gang-gang yang lebih sempit dibandingkan dengan di cisitu lama. Tanpa sanitas dan didaerah cukup banyak MCK dengan beragam kondisi. Rumah-rumah yang entah dari mana mendapatkan cahaya agar sanitasinya bisa baik. Menyusuri sepanjang sungai dan menemukan bangunan nan megah yang menutupi permukiman padat dan kumuh ini dari pandangan luar.

Ketika di Cisitu lama ana juga suka sekali mencari-cari jalan-jalan alternatif dari satu tempat ke tempat yang lain. Banyak kombinasi jalan yang bisa dilakukan jika ana ingin pergi ke Simpang dago. Lewat lorong ini dikombinasikan dengan ini. Bahkan pernah sengaja masuk ke gang 1 cisitu lama, menyusuri jalan yang disukai. Muter-muter lama.. perasaan sudah jauh.. Ternyata tembus-tembus keluarnya baru di cisitu lama 3.. Fiuh.. seperti labirin..

Gamais juga sempat membuat Pengabdian masyarakat di daerah cisitu, didaerah kampung 200. Gamais Peduli. Ana ketika itu benar-benar baru tahu jika di cisitu ada permukiman penduduk padat. Ternyata kearah jalan sangkuriang permukiman tersebut. Kondisinya tidak jauh berbeda dengan di taman hewan dan pelesiran yang berada di dekat sungai cikapundung. menurun kebawah. Rumah bertumpuk-tumpuk. banyak MCK. Tidak ada gorong-gorong. Rumah-rumah yang tidak pernah terkena sinar matahari.

Nah baru-baru ini, tepatnya kemarin pagi. ana kembali melakukan kegiatan favorit ana tersebut setelah sekian lama terkukung dengan rutinitas..

Ana jalan-jalan menyusuri  sungai cikapungdung dari babakan siliwangi. Ya, tetap tipenya sama seperti dua lokasi permukiman tepi sungai lainnya. Rumah bertumpuk lagi dan seterusnya. berjalan dan ternyata tembus ke daerah belakang jalan cihampelas. disusuri terus dan ternyata tembus dsampai ke belakang Cihampelas walk dan ana tahu ini jalan yang familiar untuk ana karena pernah ana kunjungi ketika masih di kebon bibit. ana jalan terus dan akhirnya keluar di pintu samping sekolah ana. Ya keluar dipintu samping ITB, pintu sipil. Hanya setengah jam ternyata waktu yang ana perlukan ut melakukan perjalanan itu.

Hal yang menguasai pikiran ana ketika akhir perjalanan pagi itu adalah, dari mana saya harus memulai?

Ternyata sebegitu banyaknya rakyat perlu diurusi dan dicerdaskan?

Dari mana dan bagaimana mewujudkanIndonesia yang adil dan sejahtera…

Segitu banyaknya…

Dan itu baru sedikit titik di kota Bandung. Baru didaerah sekitar ITB. Belum lagi di Kircon, cicadas, dan tempat-tempat lainnya yang pernah ana survei. Tidak jauh berbeda kondisinya.

Dan itu baru Bandung..

Indonesia Sejahtera?

Betul memang bukan sehari dan dua hari bisa terwujud.

Tapi kembali, jika tidak dimulai sekarang maka kapan bisa terwujudnya?

Tapi ana yakin bahwa waktu itu akan tiba, waktu ketika Islam benar-benar bisa menjadi ustadziatul alam

Ketika Islam bisa menjadikan seluruh rakyat bisa adil dan sejahtera.

Rindu pemimpin seperti Rasulullah yang dapat merengkuh semua pihak dalam satu barisan..

Rindu pemimpin yang seperti Umar bin Abdul Aziz yang dalam waktu 2,5 tahun menyulitkan tim zakatnya karena sudah tidak ada lagi yang perlu mendapatkan zakat..

Rindu.. rindu..

bukan hanya rindu,

tetapi ingin menjadi bagian pemimpin yang dirindu itu..

Bangkitlah, negri ku..

harapan itu masih ada..

Berjuanglah bangsaku..

jalan itu masih terbentang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: