Palestina Fajar Ini.. (Kota Gaza direbut – PBB hentikan operasi Kemanusiaan

Source: Kompas.com

images1

Kota Gaza Jatuh ke Tangan Israel

Setelah pertempuran sengit seharian, akhirnya Gaza City, ibu kota Jalur Gaza, jatuh ke tangan Israel. Tank-tank Israel pun memasuki kota itu, Jumat (16/1).

Mengiringi momen tersebut, sempat terdengar lima kali ledakan bom yang disambut dengan rentetan tembakan, namun lokasi pastinya tak diketahui.

Sebelumnya diberitakan puluhan truk pembawa bantuan kemanusiaan antre untuk masuk Jalur Gaza lewat pintu Gerbang Rafah, Mesir, Kamis petang atau malam waktu Indonesia. “Petang ini situasi di Rafah tenang. Tidak ada serangan pesawat tempur Israel. Biasanya daerah ini menjadi sasaran gempuran. Serangan udara hanya terjadi pada Kamis pagi,” kata Trias dalam surat elektroniknya.

Sementara itu, ambulans pembawa korban tak henti-hentinya keluar dari Jalur Gaza. Sirene terus meraung-raung. Sayup-sayup terdengar bunyi rentetan tembakan senjata dari Jalur Gaza.

Seiring dengan kondisi itu, tank-tank Israel dikabarkan telah memasuki Gaza City sebagai tanda didudukinya ibukota Jalur Gaza tersebut.


dilain pihak

PBB Hentikan Operasi Kemanusiaan di Gaza

Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), Kamis menghentikan operasi-operasinya di Gaza setelah kompleks mereka dihantam beberapa peluru Israel yang mencederai tiga karyawannya, kata seorang jurubicara.

“Peluru-peluru tank Israel jatuh di dalam kompleks UNWRA di Gaza, mencederai tiga karyawannya,” kata jurubicara Adnan Abu Hasna. “Kami memutuskan untuk menghentikan semua operasi kami,” katanya.

Salah satu dari gedung-gedung kami, yang berisi “ratusan ton” bantuan kemanusiaan,terbakar, sementara bagian-bagian lainnya kompleks itu rusak akibat kena peluru, kata seorang pejabat UNRWA lainnya yang tidak bersedia namanya.

Sebelumnya, kompleks itu rusak ketika sebuah peluru Israel mendarat dekat gedung itu, yang terletak dekat Universitas Islam di tengah Kota Gaza, kata Chris Gunnes, seorang jurubicara badan yang berpusat di Jerusalem dan menambahkan ratusan orang mengungsi di dalam kompleks itu ketika serangan menghantam lokasi itu.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: