Pisau aja tumpul kalo gak diasah..

Ayo mengasah otak sambil beristirahat..
Lagi sibuk sama tugas-tugas besar akhir semester?
Siap-siap untuk UAS?
Bosen dirumah liat berita bank century semua? (Piss ah)

Ini lah saatnya..
Coba untuk jawab pertanyaan-pertanyaan dibawah ini:

1. Khalid menghadiri sebuah acara.
Didalam acara tersebut Khalid hanya bersalaman dengan orang yang ia kenal.
Didalam ruangan tersebut terjadi 12 kali salaman (termasuk yang dilakukan khalid).

Pertanyaannya berapa orang yang Khalid kenal diruangan tersebut?

2. Ada 3 orang yang mengikuti kontes (sebut saja A, B, dan C).
Mereka akan mendapatkan hadiah menggiurkan jika berhasil menjawab apa warna topi yang dirinya pakai.
Jadi, ada 5 buah topi, 2 biru dan 3 merah.
Mereka dibariskan berbanjar sehingga seseorang hanya bisa melihat topi orang yang ada didepannya.
B hanya bisa melihat topi A, C bisa melihat topi A dan B, sedangkan A tidak bisa melihat topi B dan C.
Lalu topi yang ada dipakaikan acak ke 3 orang tersebut.
Hingga detik-detik terakhir tidak ada yang bisa menjawab sampai akhirnya pada detik terakhir A berhasil menjawab apa warna topi yang Ia pakai dengan benar.

Pertanyaannya: apakah warna topi yang A pakai? lalu bagaimana ia bisa mengetahuinya?

3. Dalam sebuah kontes, peserta diminta untuk memanggang 15 tusuk sate. Satu kali memanggang tempat memanggangnya hanya cukup untuk 10 tusuk sate.
Satu tusuk sate baru akan matang setelah dipanggang selama 10 menit. Sedangkan peserta hanya diberikan waktu 15 menit untuk berhasil memanggang semua sate tersebut.

Pertanyaannya: bagaimana caranya agar ke 15 tusuk sate tersebut berhasil matang dalam waktu 15 menit?

4. Ada sebuah buku yang terdiri dari 1.000 halaman.
Di halaman pertama tertulis “satu halaman berbohong”, dihalaman kedua tertulis “dua halaman berbohong”, dihalaman ketiga tertulis “tiga halaman berbohong”, seterusnya sampai halaman keseribu juga tertulis “seribu halaman berbohong”.

Pertanyaannya, halaman keberapa yang tidak berbohong?

5.Jika; 1=5, 2=25, 3=125, 4=625, maka 5=…..?

6.Jika 9=6, 8=7, 7=3, maka 1=…..? (petunjuk: kalkulator)


*Kalau soal UN matematika seperti ini, pada dukung atau tolak UN ya? šŸ™‚

14 Comments (+add yours?)

  1. nurulwidya
    Dec 03, 2009 @ 17:31:21

    males mikir ah..^^,,
    mending liatin arah panah organik..hehe

    Reply

  2. paibiopai
    Dec 04, 2009 @ 11:23:36

    ni soalnya yang susah ato otak saia yang lemot yaa,, heu

    Reply

  3. taufiqsuryo
    Dec 05, 2009 @ 05:55:01

    @teh agtri…
    coba jawab no 4 teh…
    cover nya ga bohong ^^
    no 5… 5 pangkat 5 = 3125
    no 3. masak dulu 10 sampai setengah matang–> waktu 5 menit, masak lagi 10, dengan 5 ambil tusuk yang baru, 5 yang tadi sudah dimasak setengah matang.-> waktu 5 menit.
    Kemudian masak lagi 10 tusuk sate yang setengah matang sampai matang –> waktu 5 menit
    total waktu… 15 menit…
    sip itu dulu… (ngisi ditengah kesibukan persiapan kulap, kalau ada yang bener teteh mau ngasih hadiah apa???)
    ntr coba lagi…

    Reply

    • aisyahkecil
      Dec 06, 2009 @ 07:21:39

      @Taufiq
      Baiklah,
      terima kasih banyak atas partispasinya
      Sekarang akan diberi penilaian..
      Nomer 4, Hm.. masih salah
      Nomor 5, Hm.. Salah juga
      Nomor 3, Yuph.. Betul sekali..

      Kalau ada yg bener? Ah, baru satu dari 6 pertanyaan yg bener
      Hadiahnya?
      apa mau dimasukin jadi salah satu paramater pemilihan Kepala G*MAIS aja
      (hehe)

      Reply

  4. reZa pH
    Dec 06, 2009 @ 08:15:04

    nomer 5. jawabannya 1. 1=5 berarti 5=1.

    Reply

  5. taufiqsuryo
    Dec 06, 2009 @ 18:58:02

    @teh agtri…
    hmmp, yang no 5, jawabannya PH mantep tuh, kenapa ga kepikiran ya
    yang no 4. alasannya teh,, kenapa salah?? mohon penjelasan. (jangan kayak teh nunu ya, pas waktu main tebak-tebakan di kelompok MATA’ [majelis tawa] waktu itu, jayus pisan… ^^)

    Reply

    • aisyahkecil
      Dec 07, 2009 @ 09:10:48

      @TaufiQ
      Haha, ini jawabannya ‘ilmiah’ semua..
      Ya udah untuk jawaban nomor 4 dibocorin
      jawabannya halaman ke 999
      kan cuma satu halaman yang jujur..
      Hayo, pertanyaan nomor 1, 2 dan 6 coba ngejawab niy.

      Reply

  6. veenix
    Dec 14, 2009 @ 03:38:07

    hoo, trnyata dipost disini toh
    gampang semua ah (sombong mode, :P)) *masih kesel nomor 6 nyerah, T_T

    nomor 1: udah dijawab berikut alasanny (jawaban: 2, total peserta:6)

    nomor 2: merah!!! mengapa?

    berikut kronologisnya: (:P)

    1. kalo C ngeliat A biru & B biru. maka C pasti tau kalo punya dia adalah merah.

    2. Ternyata C tidak bisa jawab, berarti punya A & B adalah merah-merah, biru-merah, atau merah-biru.

    3.B sadar bahwa C tidak bisa jawab.

    4. Kalo B ngeliat topi warna nya biru, maka B pasti langsung tau kalo punya dia adalah merah.

    5. Ternyata B tidak bisa menjawab, karena topi A berwarna merah.

    6. Setelah menunggu berbulan-bulan, berminggu-minggu, berhari-hari, berjam-jam, bermenit-menit, berdetik-detik, si A sadar bahwa C & B tidak bisa menjawab. Artinya: Punya A berwarna MERAH…

    Yay!!! Dapet ap aku tri? Bs 5 dari 6 kan lumayan, UN lulus, šŸ˜›

    Reply

    • aisyahkecil
      Dec 14, 2009 @ 20:22:19

      @veenix
      Heu..
      Nomor satu, dengan tambahan bantuan (jadi gak sempurna, hoho)
      Nomor dua, betul sekali…
      Nomor enam, pertanyaan yg keren kan?

      Selamat..
      karena berhasil menjawab,
      dipersilahkan untuk melanjutkan kuliah di NTU dengan aman dan damai..
      Hehe

      Reply

  7. Alex
    Dec 24, 2009 @ 15:32:33

    kalo njawab pertanyaan di atas semakin mumet otak sy..hehe…enak e kalo jenuh……liat alam…

    Reply

  8. Trackback: Outbond PERSPEKTIF « perjalanan seorang arsitek merancang peradaban islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: